NEWS UPDATE :  

Berita

MAN 1 Deli Serdang Gelar Kegiatan Pengukuran Arah Kiblat

Deli Serdang (Humas). Menindak lanjuti ajakan Kementerian Agama RI, MAN 1 Deli Serdang menggelar kegiatan pengukuran arah kiblat di halaman Madrasah, Senin (27/5). Kegiatan yang bertajuk “Hari Sejuta Kiblat”, disebabkan karena prosesnya akan melibatkan lebih dari satu juta masyarakat untuk mengukur arah kiblat secara serentak dalam satu hari di seluruh wilayah di Indonesia.

Sekitar pukul 16.00 Wib di halaman Madrasah tampak perwakilan dari OSIM dan pengurus ekstrakulikuler MAN 1 Deli Serdang dengan penuh semangat mencari lokasi yang rata dan terkena cahaya matahari. Dengan menggunakan tongkat yang lurus mereka menancapkan diatas tanah dan memastikan dengan benar tongkat tersebut tegak lurus (90 derajat), lalu mengamati bayangan tongkat pada waktu tersebut. Setelah itu para siswa menandai ujung bayangan dan menarik garis lurus dengan pusat bayangan. Alhamdulillah tepat pukul 16.18 Wib didapatkan arah kiblat untuk Mushalla MAN 1 Deli Serdang.

Kepala MAN 1 Deli Serdang Drs, Sucipto Gito Siswanto, MM dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini digelar tidak hanya sebagai bentuk partisipasi Madrasah melainkan juga untuk meningkatkan pemahaman bagi peserta didik MAN 1 Deli Serdang tentang arah kiblat dan cara menentukannya.

“Hari ini saat yang tepat untuk mengakurasi kembali arah kiblat kita sesuai program Kementerian Agama RI. Pengukuran arah kiblat dapat ananda lakukan sendiri karena tidak memerlukan keahlian maupun peralatan yang khusus,” ujar Siswanto.


E-Learning
Perpustakaan
Raport Digital
Youtube
SIMULASI PAT